7 Bulan Sayang


7 bulan yang penuh syukur meski kerap merasa sesak,  merasa ingin pipis terus,  dan mudah sekali lemas.  Wahnan ala wahnin rupanya mulai terasa lagi menuju delapan bulan ini  setelah sebelumnya kondisi lemah terjadi pada awal-awal bulan.
Saat ini kami tengah mudik ke Tegal. Masya Allah sekali perjalanan yang ditempuh antara Jogja-Tegal. Kami sempat bermalam dua hari di Jogja untuk beberapa agenda keluaga utamanya meminta Yai Najib,Krapyak untuk mendoakan si Utun.
Perjalanan yang memakan durasi 10 jam membuat saya kelimpungan karena rasa tak enak yang luar biasa.  Kandungan semakin berat,  rasa sesak yang seperti mendesak ulu hati, ditambah keinginan untuk pipis yang kerap melanda meski sudah berhenti berkali-kali.
Ketika berhenti saat makan malam,  suami menuntun saya mencari-cari toilet di tengah dinginnya udara dan sisa-sisa suasana hujan.  Tak ada toko, warung atau apapun yang menyediakan toilet.  Bahkan ketika terpaksa memberanikan diri ke rumah warga, pun katanya tak ada air dan penghuni rumah biasa ke kali untuk bebersih.
"Kuat nahan Dek?" si Mas bertanya setelah kami melakukan berbagai upaya. Ia masih ingin mengetuk pintu rumah yang lain yang siapa tahu menyediakan toilet untuk dititipi BAK.
Kulihat ia sudah lapar, kupikir sebaiknya kutahan sampai usai makan malam di pinggir jalan dan nanti bisa BAK di toilet musholla yang barangkali bisa kami temukan sambil jalan.
Usai makan,  kami kembali melakukan perjalanan pulang,  sebentar kemudian melihat musholla di kanan jalan. 
Kami turun,  si Mas mencarikan toilet di tengah gelap.  Alhamdulillah akhirnya bisa BAK meski di tempat gelap dengan bantuan cahaya HP suami dan air dingin yang sepertinya juga ditampung dari air hujan.
***
Di kampung suami,  cuaca terbilang sangat dingin.  Saya bisa BAK berkali-kali utamanya sehabis dibawa aktifitas meski tidak banyak.  Durasi jeda BAK makin pendek.  Jenuh sebenarnya bersentuhan dengan air.  Tapi apabole buat. 
Walhasil sementara ini saya lebih senang merebah.  Aktifitas paling enjoy dan aman dilakukan ya nderes,  baca,  nulis,  jualan online.
Meski tentu saya harus membuat program gerak sebagai persiapan persalinan. Entah nyuci,  nyapu,  jalan-jalan dll. 

Comments

Popular posts from this blog

Masa Pandemi 🥺

Gadget

6 Bulan Kehamilan